January 14, 2011

"SOCIAL NETWORK BASE ON LOCATION" POPULAR!






Mengutip New York Times edisi November lalu, “Everything is in place for location-based social networking to be the next big thing”. Jaringan berbasis lokasi atau Location-based social networking (LBSN) memang semakin diperhitungkan akan menjadi topik utama dunia mobile networking di tahun 2011. Perusahan IT berlomba-lomba membangun platform LBSN, venture capitalist berebut untuk berinvestasi dan marketer sudah siap dengan strategi marketingnya. Dengan peluncuran Places oleh Facebook Oktober lalu, bertambah kembali koleksi platform LBSN yang difungsikan melacak lokasi pengguna.




DO U KNOW ?

Data di 2010 menunjukkan bahwa LBSN dengan pengguna terbanyak di dunia adalah Loopt dengan 4 juta user, diikuti oleh Google Latitude, Foursquare dan brightkite dengan masing-masing 3 juta user. Facebook Places, yang kini hanya dapat diakses oleh pengguna iPhone di Amerika Serikat, diperkirakan akan menjadi LBSN dengan pengguna terbanyak di 2011 apabila aplikasinya bisa terlaksana di luar AS, mengingat 500 juta Facebook user yang terdaftar saat ini di dunia. Saat ini, di Indonesia, Foursquare and Koprol lah yang paling banyak digunakan.

Foursquare adalah LBSN yang pertama kali mem-booming di Indonesia. Sudah banyak pelaku bisnis di Indonesia yang menggunakan foursquare sebagai strategi marketing mereka. Blitz Megaplex dan Heineken Club berhasil mendatangkan lebih dari 300 pengunjung hanya dalam 1 malam dengan kampanye “mendapatkan Superswarm Badge”, badge yang hanya bisa didapat apabila sedikitnya 250 user check-in secara bersamaan.

Koprol di-release pada Februari 2009 oleh pemuda Indonesia lulusan IT universitas di Amerika, Daniel Armanto dan Fajar Budiprasetyo, serta web-designer Satya Witoelar. Melihat pertumbuhan angka user yang cepat, Yahoo! membeli Koprol pada 25 Mei 2010 lalu. November lalu, Koprol memberikan hadiah uang tunai sebesar 1 juta rupiah kepada user-nya yang ke-1 juta.


From XL AXIATA internal only

No comments: